Pakaian Adat Jawa Barat Dan Penjelasannya (Kebaya, Beludru, Beskap)

Pakaian Adat Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi tertua yang ada di Indonesia dengan ibu kota Bandung. Banyaknya peninggalan sejarah dari zaman penjajah-sekarang terjaga dengan baik di Jawa Barat ini mulai dari Prasasti, Candi, Arca dan lain sebagainya.

Tak terlepas juga dengan pakaian adat dari jawa barat ini, kalian pasti tak asing dengan kebaya, ya benar kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian, namun versi lain menyebut berasal dari kata “Kebyak” atau “Mbayak” dari masyarakat Jawa.

Ada pendapat yang menyatakan kebaya berasal dari China. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.  Di Jawa Barat Kebaya merupakan pakaian adat yang biasa digunakan saat acara ataupun momentum penting dalam hidup seperti acara besar, peringatan pahlawan, acara pernikahan , dan lain sebagainya.

Khususnya untuk nama pakaian adat sunda jawa barat, busana adat ini dibagi lagi menjadi beberapa klasifikasi dengan  tingkatan perekonomian penduduk itu sendiri. Ada yang namanya Baju Adat kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah. Simak penjelasan nama-nama pakaian adat dari kota Bandung khususnya dan Jawa Barat umumnya sebagai berikut.

1. Jas Beludru Sulam Benang Emas

pakaian adat indonesia

Walaupun warna yang digunakan hitam tetapi tetap menampilkan aksen indah dari sulaman benang emasnya. Pakaian adat khas Jawa Barat yang satu ini dinamakan Beludru dikarenakan bahan dari kain ini berasal dari kain beludru yang dijahit dan disulam dengan benang emas dan sering digunakan oleh kalangan bangsawan (kelas atas).

Untuk Jas Beludru Sulam Benang Emas ini tidak sembarangan orang yang menggunakannya melainkan memang kalangan yang perekonomian yang tinggi. Bisa dilihat pria menggunakan jas beludru dengan gagah bersanding dengan wanita yang menggunakan kebaya beludru hitam ditambah dengan sulaman emas sebagai bordir kain menambah aksen glamaour yang sesuai dengan tujuan awal jas dan kebaya ini dibentuk yaitu untuk kalangan bangsawan.

Tentunya untuk wanita diberi pelengkap dengan menggunakan tusuk konde, peniti, dan perhiasan dari emas berpadukan berlian.

Baca juga : Makanan Khas Banten

2. Baju Bedahan dan Kebaya

 baju adat sunda

Pakaian adat daerah Jawa Barat yang satu ini sering digunakan untuk acara-acara resmi ataupun biasa (kelas menengah). Dilihat dari pernak-pernik yang digunakan  berupa kebaya polos dihiasi sulaman atau manik-manik, ikat pinggang untuk mengencangkan kain, alas kaki memakai selop yang sewarna dengan kebaya, serta selendang sebagai atribut tambahan yang indah untuk digunakan.

Tidak lupa untuk pakaian jawa barat laki laki ini menggunakan sepatu panchus agar tampil gagah dengan kesederhanaan. Wanita menggunakan kebaya biasa 1 set kebaya yang selaras dengan warna dan corak batik rok yang digunakan. Pakaian adat sunda ini dihiasi dengan pelengkap kecantikan gadis ini yaitu riasan wajah yang natural dan  rambut yang  disanggul menambah aksen anggun walaupun sederhana.

3. Baju Pangsi dan Kebaya Sunda + Kain Kebat

gambar pakaian adat

Pakaian adat yang satu ini ditujukan untuk kalangan rakyat biasa (kelas bawah). Tampilan luar pakaian adat tradisional jawa barat ini tentu sangatlah sederhana. Rakyat Biasa yang menggunakan kebaya ini biasa memiliki perekonomian sebagai petani, buruh dan lain sebagainya.

Dulu tampilannya sangatlah sederhana dibandingkan kebaya masa kini. Tetapi seiring perkembangan zaman para kaum bangsawan masih bisa menggunakan pakaian adat kebaya Jawa Barat ini dengan tambahan aksen rok dengan corak batik.

4. Beskap

pakaian tradisional

Nama Pakaian Adat ini dikenal dengan Beskap. Beskap merupakan jas tertutup yang setara dengan kemeja tradisi Jawa Mataram. Designnya dari Beskap ini layaknya jas, di buat dari kain tebal tanpa kerah lipat, polos tidak bermotif, dengan pola kancing menyamping.

Sebenarnya beskap memiliki pola kancing menyamping tetapi karena banyaknya desainer model baju membuat beskap dengan kancing tengah. Corak dari Beskap ini Polos dan tentunya tidak bermotif dikarenakan saat ini ada designer yang membuat beskap dari kain bermotif.

Tapi menurut aturannya, beskap harus polos dan tidak bermotif dan biasanya berwarna gelap, antara hitam, biru donker, coklat tua, dll. Keunikan baju adat jawa barat yang satu ini hanya digunakan saat acara-acara resmi dan tidak bisa sembarang digunakan.

Baca Juga : Oleh-oleh Sulawesi Tenggara

5. Baju Adat Modern Jawa Barat

Seiring perkembangan zaman, pakaian telah memasuki tahap perubahan dari yang tradisional menjadi modern dengan memadukan aksen tradisional sehingga pakaian yang dibuat tidaklah terlalu modern.

Dari gambar baju adat jawa barat di atas, pria menggunakan Beskap dengan warna biru yang indah dipadukan dengan kain batik sebagai pengganti celana. Begitu juga dengan wanita yang menggunakan baju kebaya indah dipadukan dengan kain batik panjang yang indah .

6. Baju Adat Sunda Modern (Baju Pengantin)

Pakaian Adat Jawa Barat

Saat ini kebaya selalu berkembang dengan pesat dan semakin modern. Warga Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang menggunakan kebaya dan beskap sebagai pakaian adat Jawa barat. 

Tetapi sekarang ini khususnya yang akan melaksanakan pernikahan bisa menggunakan kebaya pernikahan modern Jawa Barat ini. Kebaya panjang warna biru navy ini  terlihat indah, menawan, dan glamour yang dikombinasikan dengan Sunda Siger warna putih di atas kepala wanita.

7. Baju Adat Sunda untuk Anak-anak

Sama halnya dengan pakaian adat sunda untuk orang dewasa, anak anak juga menggunakan baju mojang jajaka  untuk anak laki laki dan kebaya sunda untuk perempuan. Beberapa aksesoris seperti beskap dan benda serta kain kebat juga digunakan untuk laki-laki. 

Umumnya anak anak menggunakan pakaian ini untuk beberapa kesempatan seperti acara di sekolah hingga acara khusus seperti acara budaya atau perkawinan. Penggunaan pakaian adat kepada anak anak sangatlah penting untuk memperkenalkan guna melestarikan kebudayaan lokal agar tetap asri dan terjaga.

Indonesia selain kaya akan kuliner nusantara yang lezat, juga menampilkan banyaknya panorama indah yang bisa dilihat dan dikagumi. Salah satunya pakaian  adat Provinsi Jawa Barat ini yang tetap dijaga kelestarian dan keasliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *