Makanan Khas Sulawesi Tenggara Beserta Resepnya

Makanan khas Sulawesi Tenggara –  Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Yang letaknya berada di tenggara pulau Sulawesi.  Nah, Sulawesi Tenggara juga disingkat dengan Sultra. Ibukota dari Sulawesi Tenggara ialah Kendari.

Perlu diketahui juga bahwa Sulawesi Tenggara dulunya merupakan nama dari salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulselra) dan Baubau menjadi ibukota kabupaten. Untuk kali ini kita akan membahas makanan khas daerah Sulawesi Tenggara.

Nah setelah menonton video di atas, terlihat begitu nikmatkan. Kita melihat proses pembuatan sinonggi yang merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan tradisional yang ada di Sulawesi Tenggara. Yang masih penasaran makanan khas Sulawesi Tenggara yang lainnya, yuk simak pembahasan di bawah ini.

1. Lapa-lapa

 gambar makanan khas daerah

Makanan khas Sulawesi  Tenggara yang berasal dari daerah Buton adalah Lapa-lapa. Cita rasa yang melekat dari makanan ini ialah gurih nya yang berasal dari santan. Lapa-lapa mudah kita temui di bulan Ramadhan.

Untuk menambah cita rasa ketika menyantap lapa-lapa, makanan khas buton ini dapat ditemani dengan ikan asin, yang bahan dasarnya Ikan Kaholeonarore yang dapat ditemui juga di pasar-pasar Sulawesi Tenggara. Untuk proses pembuatan lapa-lapa, beras menjadi bahan dasar utamanya yang dimasak dengan santan. Ketika lapa-lapa sudah setengah masak kemudian dinginkan dan rebus.

Pada proses perebusan, sebelumnya lapa-lapa yang sudah dimasak setengah matang ini dibungkus terlebih dahulu dengan janur kelapa yang masih lembut atau masih muda. Waktu pembuatan untuk membuat makanan ini terbilang memakan banyak waktu.

Namun tenang aja, di pasar tradisional kita dapat juga menemukan banyak lapa-lapa, seperti di Pasar Korem pada pagi hari. Sehigga kalian dapat menghemat waktu bagi yang kepengen makan namun tidak mempunyai waktu yang banyak.

2. Kabuto

makanan khas sulawesi tenggara kabuto

Kabuto merupakan kuliner unik yang patut dicoba. Makanan ini berasal dari daerah Muda dan Buton. Bahan dasar makanan ini ialah singkong yang sudah dikeringkan terlebih dahulu lalu dibiarkan berjamur, selain itu ubi juga menemani singkong sebagai bahan dasar.

Makanan khas Sulawesi Tenggara kabuto memiliki nama yang begitu berbeda dari makanan tradisional lainnya, namun bukan berarti kita dapat melewatkanya begitu saja kan. Karena kabuto merupakan nama makanan yang masuk list patut dicobain ketika mampir di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga : Jajanan Khas Palembang

3. Sinonggi

nama makanan tradisional sulawesi tenggara

Setelah kita tergiur dengan kabuto makanan khas Sulawesi Tenggara yang sebelumnya dibahas. Nah ini ada makanan khas Sulawesi Tenggara yang tidak kalah menggugahnya yaitu sinonggi. Makanan khas Sulawesi Tenggara ini awalnya dibuat oleh Suku Tolaki yang berada di Sulawesi Tenggara.

Untuk membuat sinonggi, kita memerlukan pati sagu yang sudah melalui proses diolah bersama kuah rempah. Wah tentunya menambah cita rasa di sinonggi nya dong. Karena ditambah dengan kuah rempah membuat sinonggi menjadi begitu gurih digigitan pertama.

Sinonggi menjadi menu utama di tradisi Mosonggi. Tradisi Mosonggi biasa dilakukan oleh Suku Tolaki secara bersama-sama. Sinonggi mulanya menjadi makanan pokok di masyarakat Suku Tolaki. Namun sekarang cukup langka untuk ditemukan, karena masyarakat sekarang sudah mengganti makanan pokok dengan berbahan dasar beras.

4. Kasoami

resep masakan sulawesi tenggara

Selanjutnya makanan khas Sulawesi Tenggara ada yang namanya Kasoami. Kasoami juga termasuk makanan tradisional yang berbahan dasar dari ubi. Kasoami makanan khas Sulawesi Tenggara berasal dari Wakatobi dan Buton. Kasoami cukup populer di kalangan masyarakat, namun belum tentu semua masyarakat Sulawesi Tenggara sudah mencoba makanan khas yang lezat ini.

Untuk di daerah Wakatobi, ada proses yang lebih diperhatikan saat mengolah kasoami. Ubi yang berada di Wakatobi harus melewati tahap-tahap yang membuat ibu itu tidak beracun. Karena jika ubi ini direbus atau digoreng secara proses yang begitu singkat dapat menyebabkan munculnya racun. Namun tidak demikian dengan singkong lainnya yang sering kita temui.

Menyajikan kasoami cocok banget dengan ikan yang menambah cita rasa dari kasoami itu sendiri. Pada umumnya masyarakat menambahkannya dengan ikan asin, namun kita juga dapat menyantapnya bersama ikan bakar, ikan kuah, ikan perende, dan masakan favorit lainnya sesuai dengan selera.

5. Kapusu

Yang gak kalah bikin ngiler dari makanan khas Sulawesi Tenggara selanjutnya ialah Kapusu. Kapusu terbuat dari bubur jagung yang dicampur dengan kacang merah. Rasa manis dan teksturnya yang meleleh di lidah bikin kita jadi selalu teringat dengan kapusu.

Baca Juga : Makanan Khas Medan

6. Sate Gogos Pokea

Kini hadir untuk penikmat makanan seafood. Makanan khas Sulawesi Tenggara ini terbuat dari daging kerang yang begitu lezat. Terkhusus bagi kalian yang sedang mampir di kali Pohara, Kabupaten Konawe dan Asera, Konawe Utara, jangan lewat kesempatan untuk icip makanan tradisional yang satu ini karena mudah untuk ditemukan.

Sebutan pokea berasal dari penamaan untuk kerang di masyarakat Sulawesi Tenggara. Daging kerang ini ditusuk layaknya sate. Kemudian jika kalian ingin menambah cita rasa dari sate gogos pokea, kalian bisa juga menambahkan dengan bumbu bacem manis. Sensasi pedas setelah gigitan pertama berasal dari bumbu sate gogos pokea. Tentunya ini membuat sate gogos pokea terasa lebih nikmat.

7. Karasi (Kue khas Kendari)

Kue tradisional khas Sulawesi Tenggara tak kalah populernya sebagai oleh oleh khas Kendari. Karena tidak hanya di Sulawesi Tenggara saja yang mengenalnya. Masyarakat yang berada selain di pulau Sulawesi juga banyak yang meminati kue ini. Namun kue ini terjadi perubahan nama seperti kue rambut atau roti jala.

Proses pembuatan makanan khas kendari ini ternyata cukup rumit loh. Dibutuhkan banyaknya kesabaran. Kue kasari dicetak menggunakan cetakan yang berasal dari batok kelapa yang sudah dibuat sedemikian rupa seperti memberikan lubang-lubang kecil di batok kelapa. Proses pembuatan kuliner kendari ini terbilang cukup unik. Terlebih ibu-ibu di Wakatobi jago banget membuat kue ini.

8. Ikan Dole

Ikan Dole merupakan makanan tradisional Sulawesi Tenggara yang tak kalah enaknya. Kalian dapat mencobanya jika mengunjungi daerah Buton. Ikan Dole merupakan makanan khas yang berbahan dasar ikan tenggiri. Demi menambah keragaman cita rasa ikan dole juga menggunakan kelapa muda. Tentunya membuat ikan dole ini begitu gurih kan.

Cara pengolahan ikan dole sebelum siap disantap, kalian mesti menggiling daging ikan yang sudah dipisahkan dari tulangnya kemudian campuri dengan kelapa muda yang sudah diparut. Selanjutnya goreng di dalam minyak yang panas. Tunggu hingga berubah warna menjadi kecokelatan.

Apabila kalian mengunjungi hajatan masyarakat Buton. Makanan khas seperti ikan dole, sate gogos, dan lapa-lapa mudah sekali untuk ditemui. Selanjutnya, setelah kita kulik-kulik tentang makanan, kini saatnya membahas minuman Sulawesi Tenggara yang khass .

9. Bonus : Jus Salak (Minuman Khas Sulawesi Tenggara)

minuman khas sulawesi tenggara

Minuman yang tak kalah enaknya yang bisa kita temui saat kalian berada di Sulawesi Tenggara ialah Jus Salak. Jus salak ini biasa dipanggil juga dengan sebutan Buton. Dari namanya saja sudah terlihat jelas, bahwa minuman ini berasal dari salak yang dijadikan jus. Minuman ini sudah manis alami loh. Yuk dicobain!

Baca Juga : Makanan Khas Banten dan Keterangannya

Setelah membaca makanan khas Sulawesi Tenggara dan penjelasannya yang sudah di sebutin di atas. Ternyata kuliner yang berada di Nusantara sangat beragam ya. Setiap daerah memiliki makanan khas yang dapat dikenal berbagai daerah. Buruan icip-icip makanan dan minuman khas Sulawesi Tenggara yang begitu mengiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *