Makanan Khas Palembang Yang Buat Lidah Nagih

makanan palembang

Makanan Khas Palembang – Ada banyak sekali makanan-makanan tradisional yang masih dipertahankan oleh masyarakat setempat. Palembang lebih terkenal dengan pempek-nya, namun teman-teman perlu tahu bahwa saat ini sudah banyak kuliner di Palembang, termasuk olahan hasil modifikasi dari makanan khas wilayah lain. Palembang yang dikenal dengan pempeknya, ada beragam kuliner, bahkan Bermacam-Macam makanan khas Palembang lain yang bisa kamu coba saat traveling ke kota ini.

Nah!!!  buat sahabat traveller Jika tertarik untuk menjelajahi kekayaan pesona kuliner kota Palembang, tidak ada salahnya menyediakan waktu khusus untuk berwisata kuliner. Dari makanan ringan hingga berat, dari restoran besar hingga kaki lima di pinggir jalan, beberapa hidangan & tempat di bawah ini wajib di coba ketika kamu menjelajah di Kota Palembang.

Sajian Makanan Khas Palembang bisa membuat para perantau asli palembang rindu akan kampung halamannya. Jika teman-teman hanya tahu makanan asli palembang adalah pempek, berarti teman-teman wajib membaca ulasan daftar makanan khas palembang berikut ini. Berikut ini adalah penjelasan aneka ragam makanan khas Palembang :

1. Pempek Palembang

makanan khas palembang pempek

Pempek atau empek-empek adalah makanan khas paling polpuler di Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji. Eesep makanan khas palembang yang satu ini juga ditambah dengan bahan makanan dan bumbu lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam membuat Pempek ini semakain nikmat.

Empek-empek ini memang tak dapat dipisahkan dari kota Palembang, namun kini hampir semua daerah di Sumatera Selatan telah terbiasa memproduksinya. Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di semua penjuru Kota Palembang. Ada yang menjual di rumah makan maupun di pinggir jalan.

Ragam pempek yang wajib kalian coba adalah “pempek kapal selam”.  Pempek mirip sekali dengan bentuk kapal selam besar ini diisi dengan telur ayam dan digoreng dalam minyak panas. Selain itu ada yang namanya pempek lenjer, pempek bulat/ada’an, pempek kulit ikan,  pempek telur kecil, dan pempek keriting.

2. Tekwan

makanan khas palembang tekwan

Makanan khas palembang selain pempek adalah Tekwan salah satunya. Makanan khas daerah Palembang ini yang cukup terkenal adalah tekwan. Yang merupakan olahan dengan bahan utamanya terbuat dari ikan dan adanya tambahan tepung tapioka.  aneka topping untuk menemani seporsi tekwan yang sangat lebih mewah.

Yang membedakan tekwan dengan pempek adalah kuahnya. Tekwan berkuah bening seperti sup dan biasanya disajikan dengan berbagai pelengkap seperti soun, jamur kuping, dan irisan bengkuang Namun karena model dan tekwan harus berbeda,

Buat sahabat Traveler Kalian bisa menemukan tekwan di tempat makan yang juga menjual pempek dengan harga Rp 10.000 per porsi Berani coba ?

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat

3. Mie Lakso

cara membuat makanan khas palembang

Nama lakso begitu dikenal di kalangan masyarakat Palembang, Biasanya mie tersebut akan dimakan dengan kuah santan yang menggunakan kaldu ikan dengan tambahan ikan gabus yang kaya akan protein dan mudah didapat. Makanan khas Palembang ini disajikan dalam kuah bersantan, yang membuatnya mirip dengan lontong sayur.

Uniknya Bentuk mie lakso Ini keriting, karena dicetak dengan bentuk seperti itu, dan membuatnya harus mencampur tepung sagu dan beras bersama air kapur dan air panas.

Lakso umumnya dijual pagi hari. Kalian dapat mencobanya lakso yang enak di Laksan Kaito yang sudah terkenal di Palembang hanya dengan mengeluarkan uang Rp 8.000/ per-porsinya.

Baca juga: Kuliner Khas Bali

4. Martabak HAR

Martabak HAR adalah martabak telur khas Palembang. Meski begitu ada beberapa perbedaan Martabak HAR dengan martabak telur pada umumnya. Rasa kuah kari yang disiram ke martabak ini yang membuat martabak ini berbeda dan sangat lezat dibanding martabak telur biasa

Penggunaan nama HAR memiliki arti tersendiri lho, karena makanan yang sangat familiar di Palembang ini diciptakan oleh Haji Abdul Rozak, yang merupakan keturunan India.

Martabak HAR juga tidak sulit ditemukan karena ada sekitar beberapa cabang yang sudah tersebar seantero Palembang, di antaranya di Jln. Jend. Sudiman tak jauh dari Masjid Agung Palembang. Untuk dapat menikmati kelezatan Martabak HAR kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 23.000 untuk martabak telur ayam dan Rp 25.000 untuk martabak telur bebek.

Kamu juga harus cicipi. Martabak HAR sendiri sudah membuka cabang di wilayah lain juga lho jadi ga perlu jauh-jauh ke Palembang untuk mencicipi rasanya yang begitu dahsyat.

5. Mie Celur

makanan khas palembang model

Buat teman-teman para pemburu mie, Palembang juga memiliki sajian khas mie yang enak lho. Makanan khas asli Palembang ini adalah mirip dengan mie aceh, karena mie celor dalam satu porsinya akan diisi dengan mie dan kuah santan kaldu ebi. Namun untuk membuat mie celor, yang dipakai adalah jenis mie telur, dan uniknya mie tersebut memiliki rasa serta kelezatan berbeda di setiap pembuatannya.

Sebagai menu yang sangat melegenda oleh masyarakat Palembang, dalam membuat mie celor menjadi salah satu menu makan favorit bagi orang-orang Sumatera Selatan. Mie celor bisa dimakan sebagai menu sarapan, karena memiliki rasa yang sangat maknyus

Untuk sahabat traveller cara mendapatkannya bisa kalian temukan di Jalan KH Ahmad Dahlan. dengan Rp 15.000/porsi.

6. Sambelingkung

makanan khas dari palembang

Jika mendengar sambal, pasti di pikiran orang berbentuk makanan pedas yang menggigit.

Cara Pembuatan sambelingkung tidaklah susah, karena hanya perlu menghaslukan semua bahan dan rempahnya untuk nantunya dimasak dalam satu wadah sampai benar-benar kering layaknya abon. Untuk makanan ringan khas palembang ini juga tidak sulit, hanya dicampurkan dengan bubur, nasi, bahkan roti secara merata saja sudah cukup memberikan sentuhan rasa pedas sambal likung. Mudahkan ?

wajib di jadikan oleh-oleh buat sahabat yang sedang traveling karena selain simple dalam penyajiannya sambel ini taham lama lho.

7. Telok Ukan

Makanan dengan nama telok ukan dikatakan adalah kuliner khas Palembang Telok Ukan (dalam bahasa Indonesia yang artinya “Bukan Telur”, ada yang terbuat dari telur bebek dan ada juga yang terbuat dari telur ayam. Bahan utamanya adalah telur, baik itu telur ayam ataupun telur bebek, namun satu yang pasti, telur bebek lebih sering dipakai karena rasanya yang lebih enak Namun yang paling diminati adalah yang terbuat dari telur bebek. Prosesnya terbilang cukup rumit.

Telok ukan adalah makanan yang sangat unik.  Sayangnya telok ukan ini sangat jarang dijumpai sehari-harinya. Telok ukan bisa sahabat traveler temui pada saat perayaan kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus.

Itulah ulasan yang bisa disajikan Kota Palembang tidak hanya dikenal dengan wisata budaya  saja. Kota Palembang juga sangat kental dengan makanan khasnya. Kota Palembang ini dibanjiri dengan macam-macam makanan khas.

8. Burgo

burgo makanan khas palembang

Burgo merupakan makanan kecil khas dari Palembang. Makanan ini dapat dibeli di warung-warung khas Palembang. Burgo biasanya disantap bersama dengan makanan khas lain seperti lakso, laksan, dan celimpungan.

Komposisi umum burgo adalah  beras, sagu, ikan gabus, dan air. Selain itu, proses pembuatannya memakai bumbu-bumbu tambahan, seperti lengkuas, ketumbar, biji kemiri, bawang merah, bawang putih, gula pasir, daun salam, dan kapur sirih.

9. Es Kacang Merah – Minuman Khas Palembang

Es Kacang Merah adalah sajian yang terdiri dari kacang merah, santan, sirup merah, es serut, dan susu. Meskipun terlihat sederhana, namun rasa es kacang merah yang menyegarkan dan lezat tetap menjadi favorit warga Palembang maupun pejalan yang datang ke Palembang Mungkin ini adalah satu-satunya jenis minuman dingin .

Sahabat traveller jangam bingung untuk mencarai Es kacang merah ini ya.  umumnya Es Kacang Merah dapat ditemukan di warung atau rumah makan yang menjual pempek. Tak lengkap rasanya makan pempek tanpa ditemani segarnya es kacang merah ini lho . Hanya dengan Rp 9.000/ porsi kalian sudah bisa menikmati kesegaran es khas Palembang ini gimana berani coba ? Selamat menikmai ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *